matahati katahati

Asyiknya Mengintip Info Akun Kodim 0832 Di Blogdetik

23 Jun 2016 - 10:13 WIB

Capture blog Kodim 0832/Surabaya Selatan. (dok. pribadi)

Ada sebuah akun yang menarik perhatian saya di Blogdetik. Kodim 0832/Surabaya Selatan pemilik akun yang cukup produktif ini. Menyajikan berbagai berita maupun informasi yang sangat dibutuhkan oleh awam. Mengajak masyarakat untuk mengenal dengan lebih dekat kiprah yang dilakukan oleh para pasukan Angkatan Darat di Komando Distrik Militer 0832/Surabaya Selatan.

Langkah progresif yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0832/Surabaya Selatan ini tentu sudah seharusnya mendapatkan apresiasi dari kita semua. Sebab informasi yang selama ini dianggap ‘tabu’ tentang kegiatan yang dilakukan aparat militer seolah menjadi sirna. Tentu akan lebih menarik lagi jika ditambah dengan informasi lewat media sosial. Sehingga pos-pos informatif dan bermanfaat dapat disebarluaskan dengan jangkauan yang lebih jauh.

Topik atau kategori yang dibuat cukup memudahkan bagi pembaca untuk mengetahui jenis informasi yang dibutuhkan. Sekaligus memilah aktivitas yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0832. Tak lupa, disematkan juga Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang menjadi ruh pengabdian prajurit kepada bangsa dan negara. Hal ini sekaligus menjadi pengingat dan untuk diketahui oleh masyarakat tentang loyalitas dan totalitas pengabdian prajurit kepada bangsa dan negara ini.

Persit (Persatuan Istri Tentara), Komsos (Komunikasi Sosial), Sembako (sembilan Bahan Pokok), Binsat (Pembinaan Satuan), Bakti TNI, PAM (Pengamanan), Swasembada Pangan, dan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) adalah pilihan topik yang cukup lengkap. Mewakili kegiatan internal kedinasan, eksternal kemasyarakatan, hingga sinergi dengan matra militer lainnya serta POLRI. Meski cukup disayangkan, minimnya interaksi dengan para pembaca, khususnya para blogger Blogdetik. Hal ini salah satu penyebabnya mungkin blogwalking yang menjadi sarana komunikasi untuk saling mengunjungi blog lainnya belum intens dilakukan. 

Ke depannya hal tersebut agar lebih diperhatikan lagi oleh admin blog. Mengingat informasi yang disampaikan mewakili institusi, ada baiknya admin bisa dikerjakan oleh lebih dari satu orang. Hal ini sekaligus mengantisipasi jika terjadi kondisi internal yang mangakibatkan admin tidak bisa bekerja secara maksimal. Misalkan, admin dipindah tugaskan ke tempat yang lain atau bagian yang lain. 

Namun terlepas dari hal tersebut di atas, sesekali akan bermanfaat jika bisa melakukan kegiatan bersama dengan para blogger Blogdetik. Sehingga kesinambungan informasi dengan masyarakat bisa bersinergi dengan lebih baik lagi. Sekaligus menjadi bahan pengkayaan informasi bagi para blogger yang (mungkin) masih minim perihal tupoksi Kodim, maupun satuan di atas atau di bawahnya.

 


TAGS   Kodim 0832/Surabaya Selatan /


Author

Saya mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Saya merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Saya mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar. —Umar bin Khattab—

Recent Post

Komentar Terbaru

Archive