matahati katahati

Asuransi Mobil Teman Mudik Terbaik, Ya Garda Oto

7 Jul 2014 - 15:40 WIB

Mudik. (Foto koleks jadilah dot com)

Mudik. (Foto koleks jadilah dot com)

Mudik dan Indonesia

Siapa sih orang Indonesia atau ras Melayu yang tak kenal kata ini, ‘mudik‘. Entah mulai dari zaman apa tradisi ini berlangsung. Tapi paling tidak, ada semacam kegembiraan nasional yang menyertainya. Ada nafas semangat saat, semua merasakan keinginan untuk pulang kampung. Meskipun secara eksplisit, jarak antara domisili peranrantau mungkin hanya beberapa puluh kilo meter saja.

Idul Fitri merupakan momen yang begitu ditunggu. Kesempatan untuk mendapatkan cuti Idul Fitri atau cuti tahunan. Pulang ke kampung halaman atau tanah kelahiran seolah mengalahkan kesakralan Idul Fitri itu sendiri. Tentu saja tetap tak mengecilkan makna Idul Fitri sebagai hari raya penutup puasa Ramadhan.

Saat ini, mudik bukan hanya menjadi milik kaum muslimin saja. Sebab momen mudik ini sekaligus menjadi forum pertemuan kaum kerabat. Sehingga sekat-sekat agama menjadi begitu tipis. Ada satu semangat untuk bersilaturrahim tanpa memandang status, kelas/strata sosial, kerabat dekat atau jauh. Semua seolah tumpah menjadi satu, menautkan kembali rasa kangen yang mungkin sudah terpendam setahun bahkan puluhan tahun.

Inilah salah satu budaya Indonesia yang begitu indah. Di beberapa daerah, mudik sebenarnya tak hanya pada saat Idul Fitri. Pada masyarakat Madura, Idul Adha atau biasa disebut ‘Besaran’, keramaian tradisi mudik tak kalah ‘heboh’ dibandingkan Hari Raya Idul Fitri. Namun mudik pada saat Idul Fitri ini lah yang menjadi saranan perpindahan penduduk sementara yang terbesar di sepanjang tahun.

Berapa ratus juta orang penduduk Indonesia saling bergerak menuju titik satu ke titik lainnya. Utamanya dari kota-kota besar menuju kota pinggiran, desa atau kampung. Sehingga nafas kehidupan di jalan menjadi begitu luar biasa. Desa atau kampung yang biasanya lengang menjadi begitu hiruk-pikuk dengan datangnya warga lama. Sebaliknya, kota-kota besar yang ditinggalkan warganya menjadi lengang. Inilah wajah budaya Indonesia.

Tips Mudik Aman

Ada beberapa tips mudik aman yang sudah banyak diekspos oleh berbagai media. Baik melalui media online maupun offline. Berbagai tips maupun trik tiap tahun mengalami perkembangan yang lebih maju dan lebih kreatif. Hal itu tentu saja dilakukan demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik.

Persiapan yang lama menjelang mudik, diharapkan tak akan sirna begitu saja saat kecerobohan akibat kesalahan dalam antisipasi moda transportasi. Meskipun begitu banyak tips dan trik aman berkendara saat mudik kampung, masih saja ‘ulah nekat’ dari beberapa pemudik terjadi. Akibatnya, beberapa kecelakaan terjadi akibat kecerobohan dalam berkendara. Atau bisa juga menggunakan moda transportasi yang beresiko yang digunakan untuk jarak jauh.

Ada beberapa tips aman mudik yang bisa saya rangkum diantaranya:

  1. Gunakan moda transportasi umum smapai mendekati kota tujuan.
  2. Gunakan jasa persewaan mobil atau motor pada daerah tujuan mudik, sehingga mengurangi resiko mengendarai kendaraan pribadi dengan jarak yang panjang.
  3. Jika terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda benar-benar siap untuk bepergian jauh. Catat setiap titik layanan service kendaraan. Jangan paksakan mengemudi jika kondisi lelah. Siapkan sopir pengganti untuk mengantisipasi kelelahan. Jangan muati bagasi dengan beban yang berlebihan yang mengakibatkan kendaraan tidak stabil saat berjalan.
  4. Manfaatkan promosi mudik gratis yang banyak disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai sarana CSR perusahaan tersebut. Misalkan seperti program mudik aman bersama Garda Oto dan Hero supermarket.

Proteksi Diri dan Kendaraan untuk Kenyamanan

Sejauh mana kita menyadari bahwa diri kita atau kendaraan kita perlu mendapatkan proteksi. Tentu hal ini seharusnya sudah menjadi perhatian bahwa sesakti apapun diri kita, kita tak mungkin bisa menghindari dari musibah. Demikian juga dengan kendaraan kita. Secanggih apapun teknologi yang disiapkan untuk kendaraan kita, tak akan dapat terhindar dari musibah jika sang pengendara ceroboh.

Karena itu, proteksi diri menjadi hal yang begitu penting. Asuransi menjadi suatu keniscayaan, sebab kita tak tahu apa yang akan menimpa kita selama perjalanan mudik. Jika diri kita terproteksi oleh sebuah jasa asuransi BUMN, maka belum tentu dengan kendaraan kita. Oleh karena itu, asuransi mobil pun sudah menjadi keharusan saat kita berkendara di atas jalan raya.

b2afca060306bd8fd421f27d9615e882_digembok3

Garda Oto sebagai salah satu produk dari Asuransi Astra berusaha semaksimal mungkin memberikan layanan bagi pelanggannya. Dengan layanan Garda Center yang tersebar di sepanjang rute perjalanan arus mudik, diharapkan memudahkan untuk melayani kliennya. Maka tak heran pada tahun 2014 ini, Garda Oto berhasil mendapatkan penghargaanNumber 1 Most Recommended Brand dalam Word of Mouth Marketing Award 2014 untuk kategori asuransi mobil.

Kemudahan untuk memperoleh layanan klaim menjadi salah satu keunggulannya, disamping keunggulan yang lain. Pastikan anda yakin untuk membuat perjalanan berkendara dengan aman dan nyaman untuk mudik. Maka saat inilah seharusnya kendaraan anda terlindungi dengan proteksi asuransi mobil Garda Oto. Asuransi mobil teman mudik terbaik.

c9b79aacab5b0c820257251f74c245cd_digembok5


TAGS   Garda Oto / asuransi mobil /


Author

Saya mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Saya merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Saya mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar. —Umar bin Khattab—

Recent Post

Komentar Terbaru

Archive